Beranda Jaga Aman Luhut Bicara Pengerahan TNI-Polri, Ini Instruksi Presiden Jokowi

Luhut Bicara Pengerahan TNI-Polri, Ini Instruksi Presiden Jokowi

158
0

jpnn.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan TNI-Polri akan dikerahkan dalam sejumlah program pemerintah selama PPKM Darurat.

Kebijakan tersebut dilakukan sebagai upaya penanganan Covid-19, salah satunya dengan melibatkan TNI-Polri untuk membagi-bagikan bantuan sosial atau bansos.

Menurut Luhut, bansos yang dibagikan itu berbentuk beras. Hal itu merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat pada Senin (12/7).

“Nanti TNI-Polri akan membagi-bagikan, karena perintah presiden tidak boleh rakyat sampai kelaparan atau tidak makan,” ucap Luhut dalam keterangan pers virtual selepas rapat tersebut.

Dia mengatakan pembagian bansos berupa beras itu akan dilakukan di wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi kekurangan kebutuhan pokok tersebut.

“Jadi, titik-titik yang memungkinkan ada kekurangan pangan atau beras, akan dibagikan oleh TNI dan akan mulai berlaku mungkin Rabu ini,” lanjut mantan Kepala Staf Kepresidenan itu.

Terkait penambahan tempat tidur rumah sakit, Luhut menilai kerja sama antara Kementerian Kesehatan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah berjalan dengan sangat baik.

Selain di Jakarta, penambahan tempat tidur rumah sakit juga dilakukan di sejumlah daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur, dan Bali.

“Kami sudah minta juga supaya TNI membuka rumah sakit-rumah sakit lapangan sehingga jumlah rumah sakit ini, untuk ICU khususnya, itu makin banyak terpenuhi sehingga akan mengurangi kesulitan untuk dapat tempat tidur,” tutur mantan Menko Polhukam itu.

Pemerintah juga akan menambah cakupan vaksinasi Covid-19 pada Juli ini, karena stok vaksin yang dimiliki pemerintah melebihi target.

Adanya dukungan dari sejumlah negara menambah stok vaksin dari tadinya 31 juta menjadi 45 juta, untuk bulan ini saja.

“Kami sepakat akan peningkatan vaksinasi dilakukan oleh TNI-Polri dan juga Dinkes langsung ke daerah-daerah marginal. Jadi, pinggiran-pinggiran kota, langsung tim akan menyuntikkan di sana dan itu saya kira akan bisa berjalan dalam minggu ini,” pungkas Luhut. (tan/jpnn)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments